3 Ruas Tol Bakal ‘Sambut’ Jokowi Saat Gelar Upacara di IKN Agustus

By oli665 Jul 5, 2024 #ikn #tol di ikn #tol ikn




Jakarta

Tiga ruas Tol di Ibu Kota Nusatara (IKN) siap dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan saat upacara HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

Tiga tol tersebut adalah Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung, dan Seksi 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang. Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga, menjelaskan bahwa progres pembangunan tiga ruas itu kini sudah mencapai angka 90%.

“Progresnya bagus, sudah diaspal, goal kita pokoknya akan satu jalur, satu arah, tiga lajur,” ungkap Danis di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Khusus untuk tol Seksi 3A yang akan digunakan adalah yang tersambung dengan Seksi 3B. Dia menjelaskan ketiga proyek itu siap digunakan sebagian alias fungsional untuk upacara 17 Agustus.

“3A arah Sungai Wain, itu kita pakai di ujungnya yang masuk ke 3B, sebagian, itu fungsional sampai upacara 17 Agustus. Insyallah bisa (fungsional 17 Agustus),” jelasnya.

Selain tol proyek lain yang juga sedang dikebut pembangunannya adalah Kantor Presiden, Istana Presiden, House Sumbu Kebangsaan, Memorial Park, Beranda Nusantara. Proyek yang ditarget fungsional adalah Kantor Sekretariat Presiden (Setpres), Sekretariat Negara (Setneg), serta sejumlah Kantor Kementerian Koordinator.

Berdasarkan catatan detikcom, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra merinci progres pembangunan berbagai tol itu adalah, pertama Seksi Karangjoang-KKT Kariangau (Tol 3A) sepanjang 13,4 KM mencapai development 80,2%, kedua Seksi KKT Kariangau-Simpang Tempadung (Tol 3B) sepanjang 7,3 KM dengan progres 88,8%. Kemudian ketiga, Seksi Simpang Tempadung- Jembatan Pulau Balang (Tol 5A) sepanjang 6.7 KM telah mencapai progres 86,8%.

(hns/hns)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *