4 Jembatan Antarpulau di Indonesia, Ada yang Nyambung IKN




Jakarta

Jembatan penghubung antarpulau menjadi salah satu infrastruktur penting dalam menunjang mobilitas masyarakat dan logistik. Sebagai negara kepulauan, Indonesia sendiri saat ini memiliki sejumlah jembatan penghubung antarpulau yang tersebar di beberapa wilayah.

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Kementerian PUPR @kemenpupr, Kamis (4/7/2024), berikut empat jembatan yang menjadi penghubung antarpulau.

1. Jembatan Barelang


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nama Barelang ini merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang terdiri dari enam jembatan dengan panjang general 2.664 meter

Jembatan ini menghubungkan enam pulau di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Tonton, Pulau Galang, Pulau Nipah, dan Pulau Galang Baru.

2. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu melintasi Selat Madura dan menghubungkan Surabaya di Pulau Jawa dengan Bangkalan di Pulau Madura. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 meter.

3. Jembatan Aek Tano Ponggol

Jembatan Aek Tano Ponggol yang berlokasi di Pangururan, Kabupaten Samosir ini sebagai penghubung dengan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

Dengan panjang 382 meter dan konstruksi yang megah, Jembatan Aek Tano Ponggol menjadi ikon Kabupaten Samosir untuk dilintasi karena dikelilingi pemandangan Danau Toba yang indah.

4. Jembatan Pulau Balang

Jembatan Pulau Balang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang menjadi penghubung Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Jembatan yang melintasi Teluk Balikpapan ini memiliki panjang sekitar 1.750 meter dan memiliki empat jalur kendaraan.

(shc/hns)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *