Ada Rute Alternatif, Waktu Tempuh Balikpapan ke IKN Jadi 70 Menit




Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. Terkait ini pemerintah terus memastikan kesiapan infrastruktur termasuk jalan sebagai akses menuju IKN.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi mengatakan demi menunjang pelaksanaan 17 Agustus di IKN pihaknya telah menyiapkan jalur alternatif menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Lewat jalur itu, waktu tempuh Balikpapan-IKN bisa dipangkas menjadi 70 menit dari sebelumnya 2 jam jika melewati jalur provinsi.

“Reguler sih 2 jam. Tapi kita sedang siapkan, nanti 17-an itu siap yaitu untuk akses dari Balikpapan ke KIPP bisa ditempuh 70 menit dengan memanfaatkan beberapa seksi jalan tol yang akan tersambung dengan jalan eksisting yang melewati jembatan Pulau Balang,” katanya dalam konferensi pers digital, Kamis (11/7/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia sempat menjelaskan rute perjalanan menggunakan jalur alternatif tersebut. Masyarakat bisa masuk ke jalan tol Balikpapan-Samarinda lalu keluar di KM 11. Lalu perjalanan dilanjutkan ke jalan non tol, lalu masuk ke tol IKN 3A dan 3B dan 5A sampai ke Jembatan Pulau Balang.

“Baru masuk nanti akses bandara VVIP, ke jalan tol 5B, masuk lagi jalan eksisting, masuk ke KIPP, itu 70 menit,” bebernya.

Menurutnya, di IKN sendiri sebenarnya sudah ada 12 tower ASN yang siap digunakan menampung peserta upacara 17 Agustus. Tapi ia menyerahkan penggunaan tower tersebut kepada otoritas berwenang.

“Tadi, hunian ASN 12 tower untuk Agustus-an, 12 tower itu siap, apakah itu nanti untuk panitia penyelenggara itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Reiza Setiawan menjelaskan, general jarak antara Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sepanjang 82,62 kilometer.

“Jadi memang kami sedang membangun jalan tol dari Bandara Sepinggan ke KIPP, memang belum selesai semua, baru sebagian, tapi fungsional. Itu 82,62 km kita akan tempuh 70 menit, lebih dekat, awalnya 2,5 jam,” tutur Reiza.

Namun saat sudah beroperasi complete di bulan Desember, waktu tempuh Balikpapan-IKN menjadi hanya 45 menit. “Nanti kalau Desember semuanya udah tembus akan bisa mencapai sekitar 45-50 menit,” tambahnya.

Simak Video ‘Satgas IKN Bicara Penanganan Potensi Banjir di Kawasan Istana’:

[Gambas:Video 20detik]

(ily/kil)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *