Aktor Hollywood George Clooney Desak Biden Mundur dari Pencapresan




Washington DC

Aktor George Clooney yang merupakan salah satu penggalang dana terkemuka Partai Demokrat meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mundur dari pencapresan. Clooney yang merupakan salah satu elite Hollywood pendukung Demokrat menambah daftar tokoh yang menyerukan Biden (81) mundur dari Pilpres usai tampil buruk dalam debat.

“Saya menyukai Joe Biden,” tulis Clooney di New York Occasions seperti dilansir AFP, Rabu (10/7/2024).

“Saya menganggapnya sebagai teman, dan saya percaya padanya. Tapi satu-satunya pertarungan yang tidak bisa dia menangkan adalah pertarungan melawan waktu,” sambungnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Desakan agar Biden mundur sebagai capres Demokrat mencuat usai penampilannya yang buruk saat debat melawan kandidat Partai Republik, Donald Trump. Clooney, yang menggambarkan dirinya sendiri sebagai ‘Demokrat seumur hidup’ menjadi salah satu pembawa acara penggalangan dana bertabur bintang bersama Biden di Los Angeles bulan lalu yang menampilkan mantan Presiden AS Barack Obama.

Tim kampanye Biden mengatakan bahwa acara tersebut menghasilkan rekor USD 28 juta. Clooney pun mengaku sedih karena melihat Biden sebagai orang yang berbeda dari tahun 2020.

“Sungguh menyedihkan untuk mengatakannya, tapi Joe Biden yang saya temui tiga minggu lalu di acara penggalangan dana bukanlah ‘kesepakatan besar’ Joe Biden pada tahun 2010,” tulis Clooney, merujuk pada klip hot-mic terkenal saat Biden menjadi wakil presiden.

“Dia bahkan bukan Joe Biden pada tahun 2020. Dia adalah orang yang sama yang kita semua saksikan dalam debat tersebut,” kata Clooney yang menjadi tantangan langsung terhadap klaim Biden bahwa penampilan debatnya yang buruk hanya terjadi sekali saja.

Clooney mengatakan ‘bendungan telah jebol’ terhadap anggota parlemen dari Partai Demokrat yang secara terbuka menyerukan agar Biden mundur.

“Petinggi Partai Demokrat, Chuck Schumer, Hakeem Jeffries, Nancy Pelosi, dan senator, perwakilan, dan kandidat lainnya yang menghadapi kekalahan pada bulan November perlu meminta presiden ini untuk secara sukarela mundur,” ujarnya.

Pemenang Oscar itu menepis kekhawatiran bahwa mundurnya Biden akan menimbulkan kekacauan empat bulan sebelum pemilu, di mana Partai Demokrat berharap bisa menjauhkan Trump dari kekuasaan, dan tidak mendukung kandidat penggantinya.

Partai tersebut harus mendengar pendapat dari para kandidat seperti Wakil Presiden Kamala Harris, Gubernur Maryland Wes Moore dan lainnya.

“Lalu kita bisa menghadiri konvensi Partai Demokrat bulan depan dan mencari tahu,” tulisnya.

(haf/haf)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *