Bogor

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan infrastruktu Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Basuki mengatakan pelaksanaan Upacara 17 Agustus kan dilakukan di dua tempat yakni di IKN dan DKI Jakarta. Di Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. Sedangkan di IKN oleh Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kementerian PUPR bertugas untuk menjamin kesiapan infrastruktur di sana menjelang gelaran upacara. Ditargetkan pada bulan Juli ini penyiapan sarana-prasarana dasar dan pendukung di IKN akan rampung.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami saya dari Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk menyiapkan prasarananya ya sampai sekarang prasarananya Insyaallah nanti pada Juli ini sudah akan selesai,” kata Basuki, di Jembatan Cileungsi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2024).

“Kantor Presiden, Istana Presiden, kantor-kantor Menko yang 4 lantai dari 4 tower, 3 Lantai sudah siap bahkan nanti dipakai untuk para petugas dan peserta upacara, Lapangan Upacara sudah selesai,” sambungnya.

Selain itu, 12 dari 47 Tower Hunian ASN juga dipastikan akan rampung overall dan telah diisi furnishings sehingga siap untuk ditempati. Hal ini selaras dengan rencana kedatangan Paskibraka ke IKN in line with 10 Agustus mendatang.

Begitu pula dengan rumah tapak jabatan Menteri (RTJM) harapannya akan rampung overall 36 unit dan siap ditempati. Basuki akan menjadi salah satu penghuni pertama di sana, beserta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Begitu pula dengan infrastruktur air minum, juga direncanakan sudah bisa masuk ke IKN pada 15 Juli mendatang. Untuk memastikan kesiapannya jelang perhelatan besar tersebut, pada pekan depan Basuki berencana akan berangkat ke IKN.

“Jadi Insyaallah 15 Juli rencananya air minum sudah bisa masuk ke IKN nanti tanggal 19 Saya akan cek ke sana. Rumah menteri dari 36 mudah-mudahan akan selesai Juli ini,” kata dia.

Sedangkan untuk infrastruktur kelistrikan juga sudah siap. Hal ini berdasarkan pada kunjungan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ke IKN dalam mengecek kesiapan listrik beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, secara keseluruhan IKN sudah siap menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bila mau berkantor di sana mulai pada bulan Agustus mendatang. Adapun sebelumnya muncul wacana Jokowi mau berkantor di IKN bulan Juli ini.

“Iya (siap ditempati Jokowi untuk berkantor). Nanti tanggal 22 Pak Jokowi akan ke Papua kan Hari Anak, mungkin habis itu beliau ngecek ke IKN. Insyaallah (siap ditempati),” ujar Basuki.

(shc/hns)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *