Basuki Sebut Jokowi Bakal Meluncur ke IKN Akhir Juli




Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan berangkat ke IKN pada akhir Juli 2024.

Hal ini disampaikan Basuki saat menjawab pertanyaan terkait isu pembatalan rencana Jokowi berkantor di IKN pada bulan Juli ini. Basuki mengatakan, Jokowi akan ke IKN usai kunjungannya ke Papua pada 22 Juli mendatang.

“Kalau soal pindah tanyakan beliau. Nanti kan setelah tanggal 20, tanggal 22 kan ke Papua rayakan Hari Anak ya. Setelah itu insyaallah beliau (Jokowi) akan ke sana (IKN untuk mengecek),” kata Basuki ditemui di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Basuki terlalu cepat untuk menyimpulkan batalnya wacana berkantor di IKN mengingat bulan Juli masih panjang. Di samping itu, Jokowi sendiri tidak pernah menyatakan bahwa rencana berkantor di IKN pada bulan Juli ini batal. Selama ini, Jokowi hanya kembali melempar pertanyaan kepada awak media terkait dengan kesiapan sarana di IKN.

“Beliau kan nggak mengatakan batal kan, beliau hanya bilang ‘sudah belum? belum, sudah, belum’. Gitu aja kan? Tapi yang Namanya Juli, sekarang tanggal berapa? Nah iya baru tanggal 10 kan masih ada 20 hari lagi,” ujarnya.

Ia memastikan, sarana-prasarana dan infrastruktur IKN akan siap pada bulan Juli ini. Hal ini termasuk infrastruktur air minum, kelistrikan hingga telekomunikasi atau web. Dengan demikian, IKN siap untuk ditempati pada bulan ini.

“Yang namanya Juli itu kan tanggal 31. Dari dulu saya bilang pertengahan Juli air akan masuk, listrik sudah masuk, karena tadi saya baru kumpulin untuk energi dan komunikasi. Telkom, PLN, tadi sudah melapor,” kata dia.

Pertama ada sarana air minum, akan mulai commissioning atau masuk ke IKN pada tanggal 15 Juli. Dipastikan, sarana ini siap di bulan Juli. Selanjutnya, sarana telekomunikasi atau web dan energi seperti kelistrikan juga telah siap. Berdasarkan laporan PLN, sinkronisasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 10 Megawatt (MW) sudah siap dan saat ini tengah proses untuk sinkronisasi 40 MW.

“Lalu fuel untuk untuk di (Tower) ASN 4, ASN 2, ASN 1, ada tanggalnya tadi tapi masih dalam bulan Juli sudah ada,” sambungnya.

Sementara untuk bangunannya, Kantor Kemenko 1 hingga 4 juga sudah siap dioperasikan sebanyak tiga lantai. Dengan demikian, bangunan ini udah bisa dimanfaatkan untuk para petugas pendukung Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di sana.

Begitu pula dengan Tower Hunian Aparatur Sipil Negara (ASN). Dari keseluruhan 47 tower, ditargetkan pada bulan Agustus mendatang 12 tower siap dihuni oleh tamu maupun petugas upacara.

“Tower ASN yang 12 tower sudah bisa dipakai. DIPA-nya untuk furnishings sudah disetujui, tinggal diklik di e-catalogue. Minimum furnishings itu tempat tidur, karena kalau dipasang semua yang di ASN kita khawatir nanti ada kerusakan. Jadi hanya tempat tidur, settee, meja makan, mungkin akan dipasang,” jelasnya.

(shc/kil)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *