Besok, Ma’ruf Amin Resmikan Bendungan Cipanas & Tol Cimanggis-Cibitung

By oli665 Jul 8, 2024 #ma #wapres




Jakarta

Pemerintah akan meresmikan proyek Bendungan Cipanas dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Selasa (9/7/2024). Proyek tersebut diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Demikian yang disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Basuki akan menemani Ma’ruf Amin dalam momentum peresmian tersebut.

“Besok Pak Wapres meresmikan Cibitung,” kata Basuki, ditemui awak media di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki mengatakan, Wapres pertamanya akan meresmikan Bendungan Cipanas yang berlokasi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Barulah setelah itu, Wapres akan berangkat ke Tol Cimanggis-Cibitung untuk meresmikan proyek tersebut.

“Jadi Pak Wapres besok meresmikan pendungan Cipanas, dari sana langsung ke Cibitung, meresmikan Tol Cibitung,” ujarnya.

Bendungan CIpanas sendiri merupakan bendungan berkapasitas 250,81 juta m3 yang akan dimanfaatkan sebagai tampungan air dan mengaliri kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) yang berada di Kabupaten Indramayu dan Sumedang.

Bendungan ini dapat mereduksi banjir sebesar 250,81 meter kubik in line with detik, berpotensi menjadi pembangkit listrik sebesar 3 megawatt dan menyuplai air baku sebanyak 850 liter in line with detik untuk kawasan Cirebon-Patimban-Kertajati.

Pembangunan Bendungan Cipanas dikerjakan selama 2016-2023 dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya-PT Jaya Konstruksi (KSO) yang fokus pada pembangunan tubuh bendungan. Lalu ada PT Brantas Abipraya (Persero) untuk pembangunan infrastruktur pendukung. Secara keseluruhan, biaya pembangunan Bendungan Cipanas sebesar Rp 2,03 triliun yang bersumber dari APBN.

Bendungan ini berlokasi di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Kapasitasnya disebut-sebut 10 kali lebih besar dari Bendungan Kuningan dan diproyeksikan dapat menambah suplai air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare, khususnya di Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung, dan Cibunut.

Sementara untuk Tol Cimanggis-Cibitung sendiri merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Highway (JORR) 2 ini selesai pada kuartal-II tahun 2024. Adapun yang telah rampung dan siap diresmikan ialah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung (19,65 km). Jalan ini telah melaksanakan uji laik fungsi (ULF) pada Juni lalu.

Dengan rampungnya proyek ini, otomatis Tol JORR 2 telah tersambung penuh. Jalan tol ini juga menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi dan menghubungkan dengan 5 ruas tol yang tergabung dalam Jalan Tol JORR 2.

Secara keseluruhan Tol Cimanggis-Cibitung ,memiliki Panjang overall 26,18 km. Lalu saat ini yang sudah beroperasi adalah seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya 3,17 Km dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,78 km.

(shc/rrd)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *