Cetak Rekor! 66 Pesawat Militer China ‘Kepung’ Taiwan dalam Sehari



Taipei

Lebih dari 60 pesawat militer China terdeteksi mengudara di sekitar wilayah Taiwan dalam waktu 24 jam terakhir. Angka tersebut mencetak rekor sebagai jumlah terbanyak untuk pengerahan pesawat militer Beijing ke dekat wilayah Taipei sepanjang tahun ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (11/7/2024), laporan terbaru Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut China tidak hanya mengerahkan puluhan pesawat militernya, tapi juga sejumlah kapal perang ke dekat wilayah Taiwan dalam sehari terakhir.

“Sebanyak 66 pesawat PLA (Tentara Pembebasan Rakyat — nama resmi militer China) dan tujuh kapal PLAN (Angkatan Laut China-red) yang beroperasi di sekitar Taiwan terdeteksi hingga pukul 06.00 waktu setempat pada hari ini,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan pada Kamis (11/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disebutkan Kementerian Pertahanan Taiwan dalam laporannya bahwa sekitar 56 pesawat militer China di antaranya terdeteksi terbang melintasi garis median sensitif yang membelah Selat Taiwan — jalur perairan sempit sepanjang 180 kilometer yang memisahkan Taiwan dan daratan utama China.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan bahwa pihaknya “memantau situasi dan mengambil tindakan-tindakan yang sesuai”.

Terdeteksinya 66 pesawat militer China di dekat wilayah Taiwan itu mencetak rekor terbaru untuk pengerahan terbanyak pesawat militer Beijing ke dekat wilayah Taipei sepanjang tahun ini.

Rekor sebelumnya terjadi pada Mei lalu, ketika China mengirimkan 62 pesawat militernya dan 27 kapal Angkatan Laut ke sekitar wilayah Taiwan.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *