Dicita-citakan Soeharto, Akhirnya Trans Papua Jayapura-Wamena Bakal Terwujud




Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa Pembangunan jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena segmen Mamberamo-Elelim sepanjang 50 km yang dicita-citakan sejak masa pemerintahan Presiden Soeharto bakal segera terwujud.

Hal ini karena PT Hutama Mambelim Trans Papua (HMTP), selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) yang dibentuk PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim. Kerja sama diteken pada Rabu (3/7/2024) di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta Selatan.

“Saya yakin dengan kehadiran proyek KPBU ini, Insya Allah akan mewujudkan kesejahteraan di wilayah Papua dan Papua Pegunungan, dan diharapkan dapat menurunkan harga logistik disana. Terima kasih kepada Kementerian Keuangan, PII, Hutama Karya, SMI, serta BRI yang telah bersedia dan ikut membantu kami dalam mewujudkan cita-cita pemimpin terdahulu untuk kesejahteraan masyarakat di Papua menjadi lebih baik,” tutur Basuki dalam keterangan resmi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penandatanganan kerja sama pun dilakukan untuk empat perjanjian yakni Perjanjian Penjaminan oleh Direktur Utama PII dengan Direktur Utama HMTP, Perjanjian KPBU dan Perjanjian Kerjasama Penyediaan Infrastruktur (KSPI) oleh Direktur Jenderal Bina Marga dengan Direktur Utama HMTP, serta Perjanjian Regres antara Menteri PUPR dengan Direktur Utama PT PII.

Direktur Utama HMTP Dadi Suprapto, kemudian menjelaskan bahwa Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena memiliki fungsi penting. Sebab, jalan itu adalah transportasi utama logistik yang menghubungkan tiga provinsi dan delapan kabupaten di daerah Papua Pegunungan.

“Segmen Mamberamo-Elelim sendiri merupakan segmen ketiga dari Ruas Jayapura-Wamena yang berlokasi di Kabupaten Yalimo Provinsi Papua Pegunungan dan membentang sepanjang 50,14 km dari Km 366+90 hingga Km 416+830,” ujar Dadi.

Dadi mengatakan bahwa proyek KPBU diprakarsai oleh Kementerian PUPR (solicited) di mana Konsorsium Hutama Karya dan HKI ditetapkan sebagai pemenang lelang dan membentuk HMTP yang berperan sebagai BUP.

Lebih lanjut, Dadi menjelaskan lingkup pekerjaan yang akan dilaksanakan HMTP meliputi Design, Construct, Finance, Perform, Repairs dan Switch (DBFOMT) dengan masa konsesi selama 15 tahun yang terdiri dari masa konstruksi selama 2 tahun, serta masa pemeliharaan dan pengoperasian layanan selama 13 tahun.

“HMTP menargetkan penyelesaian pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua Pegunungan sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian tersebut dengan kualitas yang terbaik,” pungkas Dadi.

(das/das)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *