Hujan Lebat Guyur Korsel, 4 Orang Tewas



Seoul

Beberapa bagian wilayah Korea Selatan (Korsel) diguyur hujan lebat dengan curah hujan yang mencetak rekor, yang biasanya hanya terjadi sekali setiap 200 tahun. Kementerian Dalam Negeri Seoul melaporkan sedikitnya empat orang tewas dalam berbagai insiden yang disebabkan oleh cuaca buruk tersebut.

“Tiga wilayah dilanda curah hujan tertinggi, yang kemungkinan terjadi setiap 200 tahun sekali,” demikian dilaporkan seorang pejabat badan meteorologi Korsel, yang tidak disebut namanya, seperti dilansir AFP, Rabu (10/7/2024).

House-area yang dimaksud adalah Geumsan di Chungcheong Selatan, kemudian Chupungnyeong di Chungcheong Utara dan Gunsan di Jeolla Utara. Knowledge departemen cuaca Korsel menunjukkan ketiga wilayah itu dilanda hujan paling lebat setiap jam yang pernah tercatat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini tidak dihitung berdasarkan catatan masa lalu,” ucap juru bicara badan meteorologi Korsel, sembari menyebut bahwa pencatatan secara lengkap dimulai tahun 1904 silam.

“Ketika intensitas curah hujan dihitung berdasarkan wilayah, terlihat bahwa peristiwa seperti itu diperkirakan akan terjadi sekali dalam 200 tahun,” sebutnya.

Di wilayah Gunsan, curah hujan sebesar 131,7 mm mengguyur dalam waktu satu jam pada Rabu (10/7) pagi waktu setempat. Angka itu mencapai lebih dari 10 persen curah hujan tahunan rata-rata di wilayah tersebut.

Sejumlah sungai meluap dan ruas jalanan terendam air akibat hujan lebat, dengan tayangan televisi lokal Korsel menunjukkan orang-orang nekat menembus banjir setinggi pinggang di beberapa field.

Kementerian Dalam Negeri Korsel, dalam pernyataannya, menyebut sedikitnya empat orang tewas akibat curah hujan yang mencetak rekor tersebut.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga ‘Saat Sulit Dapat Perawatan, Pasien di Korsel Desak Dokter Hentikan Mogok Kerja’:

[Gambas:Video 20detik]



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *