Ini Dia Operator Web Fastened Broadband Paling Unggul di Indonesia

By oli665 Jul 7, 2024 #biznet #first media #internet


Jakarta

Di akhir tahun 2023, Opensignal merilis laporan tentang pengalaman jaringan fastened broadband di Indonesia. Empat kategori dianalisis untuk menemukan penyedia fastened broadband paling unggul di Indonesia.

Ada 10 operator fastened broadband yang diikutsertakan yaitu IndiHome, Indosat, Megavision, First Media, MNC Play, XL, CBN, Oxygen ID, MyRepublic, dan Biznet. Empat kategori yang dianalisis dalam riset adalah kecepatan unduhan broadband, pengalaman video broadband, kecepatan unduhan puncak broadband, dan kecepatan unggahan broadband.

Laporan ini difokuskan pada pengalaman pengguna Opensignal di Indonesia yang berada di seluruh Pulau Jawa dan 10 kota pilihan yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Tangerang, dan Medan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Operator Fastened Broadband Terbaik di Pulau Jawa

Hasil laporan Opensignal terhadap pengalaman penggunanya yang berada di Pulau Jawa secara keseluruhan atas penggunaan 10 jaringan fixed broadband.Hasil laporan Opensignal terhadap pengalaman penggunanya yang berada di Pulau Jawa secara keseluruhan atas penggunaan 10 jaringan fastened broadband. Foto: Opensignal.

Opensignal melakukan analisis terhadap pengalaman penggunanya yang berada di Pulau Jawa secara keseluruhan, tanpa menyebutkan titik kota tertentu, atas pemakaian 10 jaringan fastened broadband. Berikut penjelasan laporan Opensignal atas fastened broadband paling unggul di keseluruhan Pulau Jawa:

1. Pengalaman Video Broadband

Di Pulau Jawa, First Media dan Oxygen ID berbagi posisi teratas untuk pengalaman video broadband. Keduanya memperoleh skor seimbang secara statistik, sebesar 66,3-66,6 poin pada skala 100 poin. Keduanya unggul sekitar 1,2 poin dari MNC Play, Biznet, CBN, dan MyRepublic yang berada di posisi berikutnya dengan nilai 64,8-65,5 poin.

Semuanya berada di kategori Excellent (58-68) yang mengindikasikan bahwa pengguna operator fastened broadband tersebut rata-rata mampu melakukan streaming video dengan kualitas baik. Tentunya, dengan waktu loading sebentar dan tidak banyak ngelag.

2. Kecepatan Unduhan Broadband

Untuk kategori kecepatan obtain broadband, Biznet meraih kemenangan dengan kecepatan 29,3 Mbps. Biznet mengalahkan First Media di 28,3 Mbps, dengan selisih 1 Mbps saja. Biznet dan First Media terdepan dibanding para kompetitornya dengan skor 22,8-23,5 Mbps.

3. Kecepatan Unduhan Puncak Broadband

Biznet dan First Media ada di posisi sama secara statistik untuk kategori kecepatan obtain puncak broadband dengan skor 99,8-110,9 Mbps. Terbilang unggul sekitar 20,5 Mbps dari Indosat, CBN, MyRepublic, XL, dan Oxygen ID di peringkat setelahnya yang memiliki skor 72,5-91,2 Mbps.

4. Kecepatan Unggahan Broadband

Di kategori kecepatan unggahan broadband, lagi-lagi Biznet berada di paling depan dengan kemenangan telak. Rata-rata kecepatan add operator ini tercatat sebesar 20,2 Mbps. Sekitar 3,9 Mbps lebih cepat dibanding MyRepublic dan Oxygen ID di posisi kedua dengan kisaran skor 15,9-16,7 Mbps.

Operator Fastened Broadband Terbaik di 10 Kota Pilihan

Hasil laporan Opensignal terhadap pengalaman penggunanya, yang berada di salah satu 10 kota pilihan yaitu Jakarta, atas penggunaan 10 jaringan fixed broadband.Hasil laporan Opensignal terhadap pengalaman penggunanya, yang berada di salah satu 10 kota pilihan yaitu Jakarta, atas penggunaan 10 jaringan fastened broadband. Foto: Opensignal.

Opensignal juga melakukan analisis terhadap pengalaman penggunanya di 10 kota tertentu atas pemakaian 10 jaringan fastened broadband. Penggunanya berada di kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Tangerang, dan Medan.

Pada laporan 10 kota ini, Opensignal hanya menganalisis kategori pengalaman video broadband, kecepatan unduhan broadband, dan kecepatan unggahan broadband. Berikut penjelasan laporan Opensignal atas penyedia fastened broadband paling unggul di 10 kota pilihan

1. Pengalaman Video Broadband

Ada beberapa supplier yang berada di urutan nomor satu dalam kategori pengalaman video broadband di 10 kota, yaitu Biznet, First Media, CBN, dan MNC Play. Biznet dan First Media masing-masing menempati posisi satu di empat kota berbeda.

Biznet unggul di Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang, dan Medan. Sementara First Media menjadi yang terdepan di Surabaya, Bandung, Semarang, dan Depok. Sedangkan CBN menempati posisi pertama di Jakarta, dan MNC Play unggul di Malang.

2. Kecepatan Unduhan Broadband

Biznet memiliki pengalaman kecepatan unduhan broadband terbaik, baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan di antara 10 kota pilihan. First Media menyusul di posisi berikutnya untuk jumlah peringkat pertama terbanyak dalam kategori ini. Dapat dikatakan, Biznet merupakan pemenang utama untuk kategori Kecepatan Obtain Broadband.

3. Kecepatan Unggahan Broadband

Untuk kecepatan add broadband, Biznet lagi-lagi mendominasi posisi pertama di 10 kota secara langsung maupun gabungan. Kecepatan unggahan rata-rata yang dilaporkan penggunanya berkisar antara 16,2-28,6 Mbps di kota-kota pilihan.

Itu tadi penyedia web fastened broadband terbaik di Indonesia berdasarkan laporan Opensignal. Sejumlah operator jaringan di atas dipilih bukan secara sembarang, melainkan berdasarkan pangsa pasar di setiap wilayah yang ditentukan oleh banyaknya foundation pengguna Opensignal.

Untuk mengungkap pengalaman fastened broadband di Indonesia ini pun, Opensignal melakukan pengukuran pengguna di semua arsitektur jaringan broadband. Termasuk fiber (FTTx), xDSL, kabel, akses nirkabel tetap (FWA) melalui 4G dan 5G, serta satelit, dan melaporkan evaluasi holistik atas pengalaman pengguna kami dengan penyedia layanan web yang terdaftar.

(row/row)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *