Israel Sebut Perundingan Gencatan Senjata Gaza Berlanjut Pekan Depan



Tel Aviv

Otoritas Israel mengatakan bahwa “kesenjangan” masih ada antara pihaknya dan kelompok Hamas soal cara mengamankan gencatan senjata dan pembebasan sandera di Jalur Gaza. Namun Tel Aviv menegaskan akan tetap mengirimkan delegasi perunding untuk melanjutkan perundingan di Qatar pekan depan.

Seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Sabtu (6/7/2024), penegasan itu disampaikan oleh kantor Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, setelah delegasi pimpinan kepala badan intelijen Mossad, David Barnea, kembali dari perundingan putaran pertama dengan para mediator di Doha, Qatar, pada Jumat (5/7).

“Disepakati bahwa pekan depan, para perunding Israel akan berangkat ke Doha untuk melanjutkan perundingan. Masih ada kesenjangan di antara kedua pihak,” ucap juru bicara kantor PM Netanyahu dalam pernyataannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Belum ada gencatan senjata terbaru dalam perang yang berkecamuk selama sembilan bulan terakhir di Jalur Gaza, sejak jeda pertempuran selama satu pekan yang disepakati pada November tahun lalu. Puluhan sandera Israel dan ratusan tahanan Palestina dibebaskan dalam kesepakatan tersebut.

Amerika Serikat (AS) bersama Qatar dan Mesir berupaya keras untuk menjadi perantara perundingan demi mewujudkan gencatan senjata terbaru di Jalur Gaza.

Baru-baru ini, Washington membahas soal pentingnya keputusan Netanyahu mengirimkan delegasi perunding ke Qatar. Menurut seorang pejabat senior setempat, AS meyakini Israel dan Hamas kali ini memiliki “bukaan yang cukup signifikan” untuk mencapai kesepakatan.

Perang yang berkecamuk di Jalur Gaza sejak Oktober tahun lalu telah menewaskan lebih dari 38.000 orang, yang sebagian besar warga sipil. Perang meletus setelah Hamas menyerang wilayah Israel bagian selatan pada 7 Oktober tahun lalu, yang menewaskan 1.200 orang dan membuat lebih dari 250 orang disandera.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *