Korut Uji Coba Rudal Bawa Hulu Ledak Tremendous Besar Seberat 4,5 Ton!



Pyongyang

Korea Utara (Korut) mengklaim telah berhasil meluncurkan rudal balistik taktis terbaru yang mampu membawa hulu ledak tremendous besar dalam uji coba pada Senin (1/7) waktu setempat. Para analis memperkirakan senjata terbaru Pyongyang itu mungkin berkemampuan nuklir.

Seperti dilansir AFP, Selasa (2/7/2024), kantor berita resmi Korut, Korean Central Information Company (KCNA), melaporkan bahwa Pyongyang secara sukses meluncurkan rudal Hwasong-11Da-4,5 yang diklaim mampu membawa hulu ledak tremendous besar hingga seberat 4,5 ton.

“Uji tembak dilakukan dengan sebuah rudal dengan hulu ledak yang disimulasikan untuk memverifikasi stabilitas penerbangan dan akurasi serangan pada jangkauan maksimum 500 kilometer dan minimal 90 kilometer,” sebut KCNA dalam laporannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Militer Korea Selatan (Korsel) sebelumnya menggambarkan aktivitas peluncuran Korut pada Senin (1/7) waktu setempat itu melibatkan dua rudal balistik jarak pendek, yang salah satunya disebut gagal pada awal peluncuran.

Uji coba terbaru itu digelar setelah rezim pemimpin Korut Kim Jong Un mengecam latihan militer gabungan yang dilakukan Korsel, Jepang dan Amerika Serikat (AS) sebagai “NATO versi Asia” dan memperingatkan “konsekuensi deadly”.

Hulu ledak tremendous besar yang disebut oleh Pyongyang, bersama dengan satelit mata-mata militer dan rudal balistik antarbenua yang berbahan bakar cast, termasuk dalam daftar senjata canggih yang dijanjikan akan dikembangkan oleh Kim Jong Un saat berpidato dalam kongres Partai Buruh Korea tahun 2021 lalu.

Dalam laporan KCNA, sebut analis senior pada Institut Unifikasi Nasional Korea di Seoul, Hong Min, persenjataan itu “digambarkan sebagai ‘hulu ledak tremendous besar’, dengan sengaja menghilangkan kata ‘nuklir'”.

“Namun karena rudal itu mampu membawa hulu ledak nuklir, maka bisa dianggap sebagai senjata nuklir,” ucap Hong Min kepada AFP.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga ‘Saat Pakta Perjanjian Pertahanan Rusia-Korut Bikin Korsel Meradang’:

[Gambas:Video 20detik]



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *