Marak Haji Ilegal, Arab Saudi Blacklist 54 Agen Umrah di 19 Negara



Riyadh

Otoritas Arab Saudi dilaporkan mem-blacklist sedikitnya 54 agen perjalanan umrah di sebanyak 19 negara Arab dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya. Langkah ini didorong oleh pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan para agen perjalanan saat musim haji tahun ini dengan mengirimkan banyak jemaah haji ilegal.

Seperti dilansir Gulf Information, Rabu (3/7/2024), laporan surat kabar Saudi, Al Watan, menyebut langkah otoritas Riyadh memberlakukan blacklist itu merupakan bagian dari upaya memerangi perantara ilegal dalam perjalanan umrah ilegal di Saudi setelah pelanggaran para agen perjalanan terdeteksi selama ibadah haji bulan lalu.

Ratusan jemaah haji yang tidak terdaftar secara resmi, meninggal dunia di Saudi, dengan kebanyakan akibat cuaca panas ekstrem.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejumlah perusahaan jasa umrah di Saudi, menurut laporan Al Watan, telah berkoordinasi dengan badan keamanan Saudi untuk mengungkap para makelar umrah ilegal di dalam dan luar negeri.

Menurut para sumber yang dikutip Al Watan, para makelar itu diyakini terlibat dalam praktik penyelundupan manusia karena mereka mendatangkan para jemaah haji yang tidak terdaftar, yang tidak mampu membayar biaya umrah secara sah dengan visa kunjungan.

Belum diketahui secara jelas soal asal negara dari agen-agen umrah yang di-blacklist oleh Saudi.

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari otoritas Saudi terkait laporan tersebut.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *