Memanas! Hizbullah Kembali Tembakkan Ratusan Roket ke Israel

By oli665 Jul 4, 2024 #hizbullah #israel #roket




Jakarta

Kelompok Hizbullah menembakkan rentetan roket ke wilayah Israel. Serangan roket itu disebut untuk membalas serangan Israel terhadap wilayah Lebanon selatan yang menewaskan seorang komandan senior dari kelompok tersebut.

“Sebagai bagian dari respons terhadap serangan dan pembunuhan yang dilakukan musuh di kota pesisir selatan Tyre, pejuang Hizbullah menyerang dua posisi Israel di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi dengan 100 roket Katyusha,” kata pernyataan dari kelompok itu dilansir AFP, Kamis (4/7/2024).

Sementara itu dilansir Al Jazeera, Hizbullah mengatakan bahwa Muhammad Nimah Nasser, yang juga dikenal sebagai “Hajj Abu Naameh”, telah tewas. Kelompok Hizbullah mengklaim pasukannya telah meluncurkan 100 roket Katyusha yang menargetkan barak militer Israel.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengumuman kematian Nasser di Telegram kelompok itu tidak menyebutkan lokasi, tetapi sebuah sumber sebelumnya mengatakan kepada Al Jazeera bahwa seorang komandan telah tewas di daerah Hosh di Tyre di Lebanon selatan. Sebuah sumber yang dekat dengan kelompok itu mengonfirmasi kepada kantor berita AFP bahwa Nasser telah tewas dalam serangan di Tyre.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Nasser memiliki pangkat yang sama dengan Taleb Abdallah, komandan tinggi lainnya yang tewas akibat serangan Israel pada bulan Juni. Saat itu, Abdallah adalah pejabat militer Hizbullah berpangkat tertinggi yang tewas sejak kelompok tersebut mulai memerangi Israel pada tanggal 8 Oktober sebagai tanggapan atas pemboman di Gaza. Setelah tewasnya Abdallah, Hizbullah meluncurkan salah satu serangan roket terbesarnya ke Israel utara.

Militer Israel mengonfirmasi bahwa mereka menargetkan Nasser, dan mengatakan bahwa dia adalah “rekan” Abdallah dan bertanggung jawab atas “serangan anti-tank dan roket dari Lebanon barat daya” milik Hizbullah. Pada bulan Januari, serangan Israel juga menewaskan Wissam al-Tawil, komandan tinggi lainnya dari kelompok tersebut.

Serangan terbaru ini terjadi di tengah meningkatnya pertempuran dan retorika tajam antara pejabat Hizbullah dan Israel yang telah membuat para mediator AS, Eropa, dan Arab bergegas mencegah eskalasi regional yang lebih luas.

(whn/whn)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *