Northampton

Sir Lewis Hamilton menyudahi puasa kemenangan di System 1 yang telah berlangsung 945 hari dengan finis terdepan di GP Inggris 2024. Juara dunia tujuh kali itu membuktikan dirinya belum habis.

Dalam balapan 52 lap dengan cuaca dinamis di Silverstone, Minggu (7/7), Hamilton yang memulai balapan dari grid kedua sempat memimpin di lap ke- 18, namun segera disalip duo McLaren, Lando Norris dan Oscar Piastri dan melorot ke urutan tiga.

Hamilton kembali naik ke urutan dua saat Piastri masuk pit di lap 29, dan keputusannya masuk pit di lap 39 terbukti tepat karena saat Norris menyusul satu lap kemudian, Hamilton mampu mengamankan posisi terdepan saat Norris kembali ke trek.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pebalap 39 tahun mampu dipertahankan posisi pertama hingga garis finis meski ditekan oleh Max Verstappen yang menyalip Norris pada lap-lap terakhir. Untuk pertama kali sejak GP Arab Saudi pada 6 Desember 2021, Hamilton berdiri di podium tertinggi.

Ini menjadi kemenangan kesembilan Hamilton di Silverstone, memecahkan rekor finis terdepan terbanyak dalam satu sirkuit, melewati capaian Michael Schumacher yang menang delapan kali di Magny-Cours, Prancis.

Hamilton amat bahagia dengan kemenangan ini. Ia pun lama berpelukan dengan ayahnya, Anthony usai memarkir mobilnya di parc femme. Ia tak mengira bisa kembali merasakan kemenangan, terlebih di tengah periode sulit yang dijalani Mercedes.

“Saya tak bisa berhenti menangis! Terakhir kali menang pada 2021, setiap hari bangun, mencoba berjuang, berlatih, memfokuskan pikiran ke tugas yang ada dan bekerja sekeras mungkin bersama tim yang hebat ini,” ujar Hamilton, dikutip situs F1.

“Ini balapan terakhir saya di GP Inggris bersama tim ini, jadi saya amat menginginkan kemenangan ini untuk mereka, karena saya menyayangi mereka, saya mengapresiasi mereka, seluruh kerja keras yang mereka berikan selama bertahun-tahun,” Hamilton, yang akan hijrah ke Ferrari di 2025, menambahkan.

“Saya selamanya berterima kasih kepada semua orang di tim ini, semua orang di Mercedes, semua mitra kami, dan juga kepada semua fan kami yang luar biasa… Saya dapat melihat Anda putaran demi putaran saat saya mulai bergerak, dan tidak ada perasaan yang lebih hebat selain finis terdepan di sini.”

Kini Hamilton telah mencatatkan 104 kemenangan dan 199 podium dalam 344 balapan sejak 2007. Capaian itu merupakan yang terbaik hingga kini. Untuk gelar juara, ia masih sama dengan Schumacher, yakni tujuh kali.

(adp/krs)





Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *