Jakarta

Tim Indonesia bakal diperkuat 29 atlet dari 12 cabang olahraga di Olimpiade Paris 2024. Lantas bagaimana dengan targetnya?

Indonesia dipastikan mengirim 29 atlet ke Paris. Kontingen Merah Putih mendapat tambahan dua kuota dari cabang renang lewat jalur Universality Puts, yang meloloskan Joe Aditya dan Azzahra Permatahani. Keduanya akan menyusul Eko Yuli, Jonatan Christie, Rio Waida, dan atlet lain dari 11 cabang olahraga lainnya.

“Jadi (jumlah) ini sudah ultimate yaitu 29 atlet dari 12 cabor. Artinya dari sisi jumlah atlet bertambah, bahkan sebetulnya kemarin hitungan kami 27, namun dapat tambahan renang jadi 29 atlet. Ini mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan bisa terjadi di Olimpiade Paris 2024,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, usai peluncuran jersey Tim Indonesia di kawasan Darmawangsa, Jakarta, Kamis (4/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun sudah memastikan daftar atlet yang tampil tidak ada penambahan lagi, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan tim Chef de Challenge Olimpiade Paris untuk Indonesia belum bisa mengungkapkan goal realistisnya.

Menurut Raja Sapta Oktohari, pengumuman itu akan dilakukan setelah pelepasan Tim Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (10/7).

“Kalau goal itu harus duduk sama-sama supaya satu bahasa. Artinya, setelah pelepasan dengan Presiden insyaallah tanggal 10 Juli, kalau beliau berkenan nanti,” tuturnya.

“Setelah itu, bersama dengan semua stakeholder akan kami umumkan goal ultimate perolehan medali Olimpiade Paris 2024. Mudah-mudahan ini bisa terealiasi karena cita-citanya bisa memberi kejutan di Paris 2024. Kejutan positif yang akan memberi warna baru terhadap prestasi olahraga Indonesia di dunia,” kata Okto.

Indonesia pada edisi terakhir Olimpiade berhasil meraih satu medali emas melalui ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta medali perunggu melalui tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Kesemuanya berasal dari cabang olahraga bulutangkis.

Adapun peluang medali emas terbesar di Olimpiade Paris 2024 ini datang dari cabang olahraga panjat tebing. FPTI mematok minimum dua medali emas dari nomor velocity putra dan velocity putri.

(mcy/yna)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *