Presiden Terpilih Meksiko Tunjuk ‘Batman’ Jadi Menteri Keamanan




Jakarta

Presiden terpilih Meksiko, Claudia Sheinbaum, menunjuk ‘batman’ sebagai Menteri Keamanan Meksiko. Dia adalah Omar Garcia Harfuch (42), seorang polisi yang berpengalaman dan juga pernah selamat dari serangan penyelundup narkoba pada tahun 2020.

Dilansir AFP, Jumat (5/7/2024), Omar pernah menjabat sebagai kepala polisi ketika Sheinbaum menjadi Wali Kota Meksiko periode 2018-2023. Omar dianggap berjasa mengurangi tingkat pembunuhan dan kejahatan serius, karena itu dia mendapat julukan ‘batman’.

Pada Juni 2020, Garcia Harfuch (42) tertembak di lengan dan kaki dalam serangan yang dituduhkan dilakukan oleh Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG) – yang paling kuat di negara tersebut. Dua pengawal dan seorang pejalan kaki tewas dalam serangan yang dilakukan oleh 30 pria bersenjata.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Negara berpenduduk 126 juta jiwa ini telah menyaksikan lebih dari 450 ribu orang dibunuh sejak pemerintahan presiden saat itu Felipe Calderon melancarkan serangan militer terhadap kartel narkoba pada tahun 2006.

Setelah penunjukkannya, Garcia Harfuch berjanji akan memperkuat kemampuan intelijen dan investigasi. Selain itu, dia berjanji gaji polisi akan ditingkatkan.

Dia juga mendukung rencana Sheinbaum untuk memperkuat Garda Nasional – sebuah badan yang terdiri dari sekitar 133.000 tentara yang dibentuk oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador yang akan mengakhiri masa jabatannya.

Pasukan tersebut berada di bawah Sekretariat Keamanan, namun Sheinbaum berencana untuk memindahkannya ke area Angkatan Darat, sebuah langkah yang pertama kali diusulkan oleh Lopez Obrador yang menurut para kritikus merupakan militerisasi keamanan.

Sheinbaum, yang terpilih dengan suara mayoritas pada 2 Juni untuk menjadi presiden perempuan pertama di Meksiko, juga berjanji akan mempertahankan pendekatan pendahulunya, yaitu ‘pelukan bukan peluru’ dalam mengatasi akar penyebab kejahatan, seperti kemiskinan dan kesenjangan, dibandingkan mengatasi permasalahan yang ada.

(zap/dnu)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *