Putin Ucapkan Selamat ke Presiden Terpilih Iran, Harap Pererat Hubungan



Moskow

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Iran, Masoud Pezeshkian, atas kemenangannya dalam pilpres putaran kedua. Putin mengharapkan Moskow dan Teheran bisa semakin mempererat hubungan ke depannya.

“Saya berharap masa jabatan Anda sebagai presiden akan berkontribusi pada penguatan kerja sama bilateral yang konstruktif antara rakyat-rakyat kita yang bersahabat,” ucap Putin dalam pesannya untuk Pezeshkian, seperti dilansir AFP, Sabtu (6/7/2024).

Rusia dan Iran yang sama-sama menjadi goal sanksi keras Barat, sebut Putin, bisa “mengkoordinasikan upaya untuk menyelesaikan masalah internasional dengan cara yang konstruktif”.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pezeshkian, capres reformis Iran, dinyatakan menang atas Saeed Jalili, capres ultrakonservatif, yang menjadi lawannya dalam pilpres putaran kedua yang digelar pada Jumat (5/7) waktu setempat.

Hasil penghitungan suara yang diumumkan otoritas Iran menunjukkan bahwa dari general 30.530.157 suara yang telah dihitung, Pezeshkian memperoleh lebih dari 16 juta suara (tepatnya 16.384.403 suara) atau sekitar 54 persen suara, sedangkan Jalili meraup lebih dari 13 juta suara (13.538.179 suara) atau sekitar 44 persen suara.

Selisih suara di antara kedua capres pada akhirnya mencapai lebih dari dua juta suara.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video ‘Eks Menkes Masoud Pezeshkian Menangi Pilpres Iran Putaran Kedua’:

[Gambas:Video 20detik]



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *