Rekor! Kabinet Inggris Kini Setengahnya Diisi Perempuan



Jakarta

Pemimpin Partai Buruh, Keir Starmer, kini menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru. Dia membentuk kabinet, setengahnya berisi perempuan.

Dilansir BBC, Minggu (7/7/2024), Starmer menunjuk para anggota parlemen dari Partai Buruh dan kolega separtai untuk mengisi 22 kursi kabinet. Sebanyak 11 kursi diisi oleh perempuan.

“Kerja untuk perubahan segera dimulai”, kata Starmer sebelum memasuki rumah barunya, dan malam ini kita mendengar bahwa skema Rwanda – salah satu rencana utama pemerintahan terakhir – secara efektif telah berakhir,” katanya, sebagaimana diberitakan BBC pad Jumat (5/7) waktu setempat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Skema Rwanda yang dia sebut adalah aturan peninggalan Partai Konservatif sebelumnya, yakni pendeportasian pencari suaka ke Rwanda. Keir yang merupakan mantan pengacara dan akivis HAM menilai aturan itu tidak menimbulkan efek jera dan malah bikin masalah.

Kembali ke soal kabinet Starmer, kabinet berisi setengah kaum perempuan merupakan rekor tersendiri. Menteri Keuangan (The Chancellor of the Excheque) dijabat oleh perempuan, yakni Rachel Reeves. Dia menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan ini setelah 800 tahun! Demikian diberitakan The Mother or father.

PM baru Inggris Keir Starmer menunjuk Rachel Reeves sebagai Menteri Keuangan. Ini adalah pertama kalinya posisi Menkeu Inggris dijabat seorang perempuan.PM baru Inggris Keir Starmer menunjuk Rachel Reeves sebagai Menteri Keuangan. Ini adalah pertama kalinya posisi Menkeu Inggris dijabat seorang perempuan. Foto: AP Picture/Thomas Krych

Kabinet Keir Starmer juga bakal menjadi kabinet pertama yang punya angka tertinggi persentase lulusan sekolah negeri. Hanya dua menteri di kabinet Starmer yang bersekolah di sekolah swasta – Louise Haigh, yang bersekolah di Sheffield Prime Faculty, dan Anneliese Dodds, yang bersekolah di Robert Gordon’s Faculty di Aberdeen.

Namun, masih menurut catatan The Mother or father, kabinet Keir Starmer punya persentase lebih sedikit dari sisi keterwakilan minoritas etnis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga pemikir British Long run, tercatat 89 anggota parlemen dari etnis minoritas terpilih menjadi anggota parlemen. Namun David Lammy, menteri luar negeri, akan menjadi satu-satunya menteri kabinet kulit hitam di pemerintahan Starmer.

Kabinet Partai Buruh pertama dalam 14 tahun juga hanya akan memiliki dua menteri keturunan Asia – Shabana Mahmood, salah satu anggota parlemen perempuan Muslim pertama di Inggris, dan Lisa Nandy.

(dnu/imk)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *