Rusia Gagalkan Serangan ke Kapal Induknya, Tahan Agen Khusus Ukraina



Moskow

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) berhasil menggagalkan rencana “serangan teroris” terhadap salah satu kapal perang Moskow. FSB menahan seorang agen dinas khusus Ukraina terkait rencana serangan tersebut.

Seperti dilansir Reuters dan kantor berita TASS, Rabu (10/7/2024), FSB dalam laporannya menyebut rencana serangan itu didalangi oleh intelijen militer Ukraina terhadap kapal perang yang juga kapal induk berat Rusia bernama Laksamana Kuznetsov di house Murmansk.

Kapal Laksamana Kuznetsov diketahui merupakan satu-satunya kapal induk Rusia yang menjalani serangkaian penundaan perbaikan di pelabuhan Murmansk.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam laporannya, FSB menjelaskan bahwa pada Maret 2024, salah satu prajurit Rusia pada kapal induk itu dihubungi oleh seorang agen dinas khusus Ukraina, yang memperkenalkan diri sebagai Oleg dan berusaha membujuknya untuk melakukan serangan terhadap kapal tersebut.

Komunikasi itu dilakukan by way of aplikasi pesan seperti WhatsApp dan Telegram.

Laporan FSB menyebut rencana serangan, yang disebut sebagai “serangan teroris” itu, dikendalikan secara pribadi oleh Kepala Direktorat Intelijen Utama pada Kementerian Pertahanan Ukraina, Kirill Budanov.

Seorang agen dinas khusus Ukraina, yang tidak disebut namanya, telah ditahan terkait rencana serangan yang digagalkan tersebut.

“Setelah prajurit (Rusia) itu memberitahu dinas keamanan, langkah-langkah dilakukan untuk mendokumentasikan aktivitas ‘Oleg’ yang melanggar hukum dan mengungkap potensi agen dan kaki tangan rezim Kyiv sebagai bagian dari permainan operasi di bawah kendali penuh dinas keamanan Rusia,” sebut FSB dalam laporannya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *