Rusia Klaim Rebut Desa di Wilayah Donetsk Timur Ukraina




Jakarta

Rusia mengklaim pasukannya telah merebut sebuah desa di wilayah Donetsk timur Ukraina. Ia mengatakan hal ini dilakukan ketika Moskow terus bergerak perlahan melintasi wilayah pertempuran.

Dilansir AFP, Sabtu (6/7/2024) Kementerian Pertahanan mengatakan pasukannya “membebaskan desa Sokil”, sekitar 30 kilometer (18 mil) barat laut kota Donetsk, ibu kota wilayah dengan nama yang sama yang diklaim telah dianeksasi Moskow pada tahun 2022.

Kyiv mengatakan pertempuran paling sengit di seluruh garis depan terjadi di wilayah Donetsk. Disebutkan wilayah ini merupakan tempat pasukan Rusia berusaha mengusir pasukan Ukraina.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat mengulangi permintaannya agar Ukraina menarik diri dari wilayah tersebut, bersama dengan tiga negara lainnya di selatan dan timur negara itu. Menurutnya hal ini perlu dilakukan jika negara tersebut menginginkan perdamaian.

Ia menyebut pasukan Moskow telah mencapai sedikit kemajuan di medan perang tahun ini, melawan pasukan Kiev. Ia mengatakan pasukan Kiev kelelahan, kalah jumlah, serta kalah dalam persenjataan.

(dwia/dwia)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *