Trump Puji Putusan MA Soal Kekebalan: Bangga Jadi Orang Amerika!



Washington DC

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan pujian terhadap putusan Mahkamah Agung yang menyatakan dirinya memiliki kekebalan dari penuntutan atas tindakan resmi selama menjabat. Dia menyebutnya sebagai “kemenangan besar”.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (2/7/2024), Mahkamah Agung AS dalam putusan pada Senin (1/7) menyatakan bahwa Trump — dan semua presiden AS — menikmati “kekebalan mutlak” dari tuntutan pidana atas “tindakan-tindakan resmi” yang dilakukan dalam lingkup wewenang konstitusional semasa menjabat.

Namun Trump masih bisa menghadapi tuntutan pidana atas “tindakan tidak resmi” yang dilakukannya selama menjabat Presiden AS.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“KEMENANGAN BESAR BAGI KONSTITUSI DAN DEMOKRASI KITA. BANGGA MENJADI ORANG AMERIKA!” tulis Trump dengan menggunakan huruf kapital dalam komentarnya by way of media sosial.

Putusan Mahkamah Agung AS itu membatalkan keputusan pengadilan yang lebih rendah yang sebelumnya menolak klaim kekebalan Trump dari tuntutan pidana federal, yang menuduhnya berupaya membatalkan kekalahan dari Presiden Joe Biden dalam pemilu tahun 2020 lalu.

Hakim John Roberts selaku Ketua Mahkamah Agung AS, dalam opini mayoritasnya, menyatakan seorang presiden “tidak kebal hukum” namun memiliki “kekebalan mutlak” dari tuntutan pidana atas tindakan resmi yang dilakukannya saat menjabat.

“Oleh karena itu, presiden tidak bisa dituntut karena mempraktikkan wewenang konstitusionalnya,” sebut hakim Roberts.

“Mengenai tindakan tidak resmi yang dilakukan seorang presiden, tidak ada kekebalan,” tegasnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *