Waspada Modus Penipuan Berkedok CS Palsu, Begini Cara Cegahnya!



Jakarta

Belakangan ini makin banyak penipuan on-line yang menggunakan modus baru. Salah satunya berpura-pura menjadi Buyer Provider (CS) yang mengatasnamakan financial institution atau platform keuangan untuk mengelabui korbannya.

Modus penipuan ini tentunya dapat menyasar siapa pun, termasuk pengguna aplikasi DANA. Agar para penggunanya tak banyak yang terjebak modus penipuan ini, DANA pun mengeluarkan marketing campaign #AwasJebakanBadman yang bertujuan untuk memberikan edukasi terkait penipuan tersebut.

Jika ada CS yang mengatasnamakan DANA tetapi mencurigakan, kamu bisa melakukan berbagai tricks ini ya!


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Observe

Selalu perhatikan semua pergerakan on-line mencurigakan yang terjadi padamu. Seperti contoh, jika ada CS yang meminta information pribadi kamu seperti PIN, Kode OTP, dan lainnya, kamu bisa abaikan saja karena biasanya CS tidak akan memintamu untuk membagikan data-data tersebut. Selain itu, cek juga apakah yang menghubungi kamu dari channel authentic DANA atau bukan.

Konfirmasi

Selanjutnya, supaya kamu terhindar dari jebakan dangerous guy yang mengaku sebagai CS DANA, kamu bisa melakukan konfirmasi lewat DANA Coverage di aplikasi DANA. Di laman DANA Coverage ini, kamu bisa lho mengecek nomor, akun sosmed, atau hyperlink mencurigakan apakah benar dari DANA atau bukan.

Lapor

Di DANA Coverage, kamu juga bisa melaporkan CS palsu tersebut dengan memilih bagian

Laporkan by the use of Aduan Nomor. Kamu akan langsung terhubungkan dengan layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kominfo) lho! Dengan melaporkan hal ini, tentunya kamu tidak hanya membantu diri kamu saja, tetapi juga membantu pengguna DANA lainnya dari jebakan modus penipuan.

DANA Awas Jebakan BADMAN Foto: DANA

Selain ketiga tricks di atas, kamu juga bisa mengingat dan mempelajari tips-tips ini biar kamu semakin aman dari jebakan badman CS palsu. Simak yuk!

  • DANA sudah tidak lagi memiliki Buyer Care by the use of WhatsApp.
  • DANA hanya melayani keluhan dan aduan by the use of DIANA, e mail lend a [email protected], name heart DANA 1500 445, serta sosial media resmi DANA Indonesia.
  • DANA tidak pernah menghubungi buyer terlebih dahulu tanpa adanya laporan.
  • Jangan asal klik hyperlink atau isi shape dari pihak tidak jelas yang mengatasnamakan DANA.
  • Jangan obtain & set up aplikasi DANA dari hyperlink yang dibagikan di grup pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram & lainnya.
  • Selalu rahasiakan PIN & Kode OTP kamu, jangan pernah dibagikan ke siapa pun termasuk DANA.
  • Segera file dan block nomor WhatsApp yang mengatasnamakan DANA.
  • Akun resmi media sosial DANA Cuma yang bercentang biru. Jangan terkecoh akun serupa lainnya ya.

Yuk, terapin tips-tipsnya dan selalu Observe, Konfirmasi & Lapor jika ada CS mencurigakan yang menghubungimu. Untuk data lebih lanjut terkait CS palsu DANA, kamu juga bisa cek di sini ya.

(commercials/commercials)



Source link

By oli665

Rekomendasi untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *